Minggu, 27 Februari 2011

BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN KITA

  • Sebelum kita perlu mengetahui dahulu elemen apa saja yang terkandung dalam rokok. ROKOK mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan bahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
  • Tar adalah hirokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
  • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu terjadinya kangker paru-paru.
  • Karbon monoksida adalah Zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
  • Efek Racun, Efek racun pada rokok ini membuat asap rokok mengalami resiko lebih besar di banding yang tidak menghisap asap rokok, perbandingannya adalah sebagai berikut:14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan.     
  • 4x menderita kanker esopagus.
  • 2x kanker kandung kempih.
  • 2x serangan jantung.
  • Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.
  • Batas aman, menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiaktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam dan lebih lama.
  • Analisis kebiasaan, lakukan analisis atas kebiasaan-kebiasaan merokok yang telah di lakukan selama ini, misalnya: kapan anda secara otomatis ingin merokok:hasil analisis ini akan membantu dalam mengerem keinginan merokok.
  • Susun daftar alasan, lakukan segala hal yang membuat anda tidak kembali merokok,selalu ingat alasan-alasan yang mendasari anda untuk tidak merokok, jika perlu susun daftar alasan itu,seperti; menghindari kanker, gagal jantung, gangguan pencernaan, kehidupan sosial yang lebih baik, ingat kesehatan dan kepentingan keluarga, makan lebih enak.
  • Langsung berhenti,pilihlah sebuah hari di mana anda akan berhenti,dan pada hari itu, langsung berhenti total tanpa melakuakan tahapan-tahapan, umumnya rencana anda kepada orang-orang terdekat anda agar mereka bisa membantu.
  • Waspada pada hari-hari awal, hari-hari awal akan terasa sangat berat, cobalah mengalihkan perhatian dengan mengkonsumsi permen atau permen karet, tanpa gula, sementara waktu,kurangilah kegiatan yang berkaitan dengan rokok.
  • Nikmati Hidup, uang seharusnya di pakai untuk membeli rokok dapat di pakai untuk membeli hadiah bagi diri sendiri atau di tabung.
  • Konsumsi Rendah Kalori, selama minggu-minggu pertama { sampai kira-kira empat minggu }, makanlah makanan yang mengandung kalori tendah. minumlah air yang banyak!  

SELAMAT MENCOBA !!!
SAYANGILAH DIRI ANDA SEBELUM MENYAYANGI ORANG LAIN......!

Sumber : http://kira-gigaofspirit.blogspot.com/2010/06/bahaya-merokok-bagi-kesehatan-kita.html


Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Kita
Merokok merupakan salah satu aktifitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang pada masa kini. Sering kita jumpai di beragai tempat umum banyak sekali orang-orang yang melakukan aktifitas ini mulai dari kalangan remaja sampai kalangan orang dewasa.

Merokok pun tidak dapat lepas dari kehidupan mahasiswa sekarang ini, di universitas saya banyak sekali saya menjumpai mahasiwa mahasiswa yang merokok. Mereka menikmati sebatang demi sebatang rokok dengan nikmatnya padahal di dalam rokok tersebut mengandung berbagai macam zat yang berbahaya bagi kesehatan mereka. Mereka tidak tahu bahwa merokok tidak hanya merugikan diri sendiri tapi uga kepada orang lain yang menghirup asap rokok tersebut. Akibat-akibat atau bahaya merokok bagi kesehatan kita antara lain adalah sebagai berikut:
  • Menyebabkan penyakit jantung
  • Gangguan pembuluh darah
  • Kanker paru-paru
  • Kanker rongga mulut
  • Kanker laring
  • Kanker osefagus
  • Bronkhitis
  • Tekanan darah tinggi
  • Impotensi
  • Gangguan kehamilan dan cacat pada rahim

Itulah akibat-akibat yang akan di dapat apabila kita sering melakukan aktifitas merokok atau istilahnya kecanduan merokok. Dan seharusnya pemerintah dapat memberikan solusi dari itu semua atau bertindak tegas mengatasi masalah itu tapi masyarakat juga harus mendukung mereka harus sadar bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan agar warga negara kita bisa sehat wal afiat tidak ada kasus kematian warga negara kita gara-gara segelintir rokok. Sebagai seorang mahasiswa program keperawatan saya turut prihatin akan semua ini. Bagi para perokok mungkin saya punya solusi agar anda semua bisa berhenti merokok. Tips saya adalah sebagai berikut:
  • Buang semua rokok yang anda punya.
  • Lupakan semua hal yang berhubungan dengan rokok.
  • Membuat catatan yang isinya mengingatkan anda atau memoivasi anda untuk berhenti merokok.
  • Meminta dukungan keluarga atau teman anda untuk berhenti merokok.
  • Selalu berfikir positif.
  • Apabila ada teman atau kerabat anda yang menawarkan rokok bilang dengan tegas bahwa anda tidak merokok.
Pada awal untuk berhenti merokok memang susah harus membutuhkan perjuangan yang keras. Namun apabila anda memang benar-benar berniat untuk berhenti merokok pasti bisa, di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin jika anda berniat pasti semua akan terjadi. Semoga tips yang saya berikan bermanfaat bagi anda semua.

Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/10/11/bahaya-merokok-bagi-kesehatan-kita/


Rokok dan bahaya merokok pada manusia

Rokok dan bahaya merokok pada manusia adalah topik yang akan saya ulas pada blog kesehatan saya kali ini yang saya rangkum dari berbagai sumber. semoga info yang saya rangkum tersebut bermanfaat bagi kesehatan kita, selamat membaca. Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain.

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung(walapun pada kenyataanya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).

Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam. Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan kecanduan, disamping menyebabkan banyak tipe kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, dan emfisema.  

Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok, bahan baku atau isi rokok, proses pembuatan rokok, dan penggunaan filter pada rokok. Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.
  1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
  2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
  3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
  4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
  5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.
  6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.
Didalam 1 batang rokok mengandung berbagai macam zat berbahaya bagi tubuh manusia, ada sekitar 4000 zat berbahaya yang terdapat pada rokok dan 200 zat berbahaya diantaranya yang paling sering menimbulkan berbagai macam penyakit pada perokok ataupun perokok pasif. berikut gambara singkat mengenai zat yang terkandung pada rokok.

Sumber : my.opera.com

Merokok bukan saja menjadi candu pada orang dewasa baik pria maupn wanita, tetapi kini kegiatan merokok juga sudah gencar dikalangan remaja.

RISET tentang perilaku merokok pada remaja menunjukkan rata-rata remaja wanita mulai merokok pada usia 15 tahun. Lingkungan dan keluarga perokok turut memicunya.

Lebih dari sepertiga penduduk Indonesia merokok. Hal ini menempatkan Indonesia pada posisi ketiga negara perokok terbanyak di dunia setelah China dan India. Kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian pada 2007 tersebut menunjukkan rokok seolah telah menjadi bagian dari "gaya hidup" masyarakat. Lebih ironis lagi karena gaya hidup ini telah merambah usia muda, yakni remaja tanggung usia belasan. Koalisi Untuk Indonesia Sehat (KuIS), mengumumkan hasil studi terkini tentang perilaku merokok di kalangan remaja putri dan wanita muda di Indonesia.

Riset ini meliputi survei terhadap 3.040 siswi SMP (usia 13-15 tahun) dan SMA (usia 16-19 tahun), serta mahasiswi (usia 20-25 tahun) di Jakarta dan Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif (dengan kuesioner) dan kualitatif (dengan focus group discussion/ FGD). Dari penelitian yang dilakukan selama kurun waktu Oktober-Desember 2007 tersebut terungkap bahwa ratarata remaja putri mulai merokok pada usia 15 tahun. Sekitar 20,33 persen remaja putri juga mengaku pernah merokok meski hanya satu isapan. Beragam alasan dikemukakan terkait dorongan untuk merokok. Di antaranya untuk bersantai, tertantang untuk melakukan hal yang dilakukan pria, kebiasaan dalam kelompok pertemanan, dan agar dapat diterima dalam sebuah kelompok. Sebanyak 53,19 persen wanita juga percaya bahwa merokok dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, di antara beberapa alasan tersebut, motif meringankan ketegangan dan stres menempati urutan tertinggi, yakni sekitar 54,59 persen.

Dari hasil FGD juga diketahui bahwa mayoritas mereka mulai merokok karena diajak teman. Biasanya mereka merokok di acara kumpul- kumpul atau saat nongkrong. Namun hal ini juga tergantung kelonggaran aturan dan kontrol di rumah masing-masing," papar Anti Hadi, koordinator riset dari KuIS. Fakta tentang kuatnya pengaruh lingkungan dalam menciptakan "budaya" merokok juga terungkap dalam sejumlah penelitian di luar negeri.

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr Alison B Albers dan timnya dari Boston University School of Public Health, Amerika, mengungkapkan, remaja yang tinggal dalam keluarga yang tanpa larangan merokok biasanya cenderung menganggap merokok sebagai hal lazim. Mereka juga lebih mudah menerima keberadaan perokok dewasa, tanpa merasa terganggu.Temuan lainnya, remaja yang tinggal dengan keluarga yang tidak merokok dan tidak ada aturan larangan merokok cenderung lebih berani mencoba merokok di dalam rumah ketimbang mereka yang tinggal dalam keluarga yang menerapkan larangan merokok. Dengan kata lain, larangan merokok di dalam rumah dapat membantu remaja membangun sikap anti-merokok dan mencegah rasa ingin mencoba. Sebaliknya, apabila ada salah seorang anggota keluarga yang merokok, akan menjadi faktor penentu utama remaja menjadi perokok.

"Larangan merokok dalam rumah dapat menurunkan kemungkinan remaja untuk mulai mencoba rokok, tapi hanya di dalam rumah yang tidak terdapat perokok," ujar Albers.

Nah, sekarang anda telah mengetahui tentang bahayanya rokok bagi kesehatan anda bukan?, dan sebaiknya pula anda perlu mempertimbangkan bahaya penyakit yang bakal menyerang anda yang disebabkan rokok. Adapun beberapa contoh penyakit yang umum terjadi adalah sebagai berikut :
- Pelbagai barah seperti paru-paru, rongga mulut, esofagus, pankreas, pundi kencing dan buah pinggang.
- Penyakit saluran pernafasan kronik seperti bronkitis kronik, emfisima, asma bronkial dan bronkiektasis.
- Tekanan darah tinggi, serangan sakit jantung dan angin ahmar.
- Mudah terkena batuk kering, Hepatitis B, radang paru-paru.
- Ulser peptik dan gastritis.
- Penyakit kulit seperti ekszema.
- Penyakit mata yang bisa menyebabkan buta seperti katarak dan degenerasi makular pada selaput retina.
- Penyakit tulang.
- Rambut cepat beruban.
- Kulit cepat berkeriput.
- Luka lambat sembuh.
- Tenaga kelamin berkurangan terutama lelaki.
- Gangguan kesuburan .
- Menggangu perkembangan janin dalam kandungan ibu yang merokok atau terkena kepada asap rokok.
- Anak-anak yang terkena asap rokok bisa menyebabkan gangguan perkembangan intelektual.
- Wanita yang terkontaminasi dengan asap rokok cepat putus haid.

Dan untuk Indonesia sendiri, Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) sendiri sudah menhgeluarkan fatwa haramnya rokok, meski hal ini masih terdapat pro dan kontra hingga saat ini. Meskipun demikian bagi anda yang lebih mementingkan kesehatan atau bagi anda yang sudah "berniat" untuk berhenti merokok, berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda untuk mencoba berhenti merokok.
  1. Bersihkan semua benda yang ada di rumah anda yang masih menyimpan bau rokok. Hal ini bertujuan untuk menghindari munculnya ingatan lagi akan bau rokok. Cuci baju, sprei, handuk, selimut dan semua semuanya. Bila ada dana, belilah pengharum ruangan sehingga ruangan anda betul betul berubah dan tidak tercium lagi aroma rokok yang bisa memunculkan kerinduan terhadap rokok.
  2. Jangan mencoba coba mencari pengganti rokok yang mengandung nikotin. Banyak dijual di pasaran permen karet yang mengandung nikotin sehingga anda bisa terbebas dari rokok tetapi anda akan makin terikat dengan nikotin. Memang banyak ahli yang menganjurkan cara ini, hanya saja harus dilakukan sesuai dengan anjuran dan dosis yang tepat. Alangkah baiknya bila permen nikotin anda ganti dengan permen karet atau permen mints sehingga menghilangkan aroma rokok pada mulut anda. Hilangnya rasa rokok pada mulut lama lama akan membuat anda melupakan rokok untuk seterusnya.
  3. Biasanya perokok mempunyai jadual merokok yang tidak tertulis. Misal mereka merokok sehabis makan, merokok saat ngeblog, merokok saat antre kendaraan dan lain lain. Buatlah kegiatan lain pada waktu waktu itu sehingga anda tidak mengisi waktu itu dengan merokok. Misal sehabis makan anda bisa mengunyah permen atau makanan penutup. Saat ngeblog anda bisa makan kudapan, saat antre kendaraan anda bisa browsing atau membaca buku. Tidak mudah memang tetapi bila dilakukan dengan tekad penuh maka akan bisa anda lakukan.
  4. Berolah raga dan minum cukup air akan membantu anda melupakan rokok. Aktifitas ini akan membuat tubuh anda tambah sehat dan membantu mengeluarkan toksin dan bahan bahan buruk dari rokok keluar dari tubuh. Berolah raga juga membuat anda melupakan rokok karena asyik berolah raga apalagi bila olah raga dilakukan di lingkungan yang banyak ada orang sehingga anda bisa bergaul juga. Semua cara diatas akan berhasil bila memang ada tekad dari diri anda untuk berhenti merokok. dengan keteguhan dan keseriusan anda untuk berhenti merokok, akan selalu ada peluang untuk mewujudkannya.

Selamat Berjuang !!!

Sumber : http://infosmart-ku.blogspot.com/2009/02/rokok-dan-bahaya-merokok-pada-manusia.html



Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)
Catatan ini kami tujukan untuk kami pada khususnya
dan untuk semua pembaca pada umumnya...
Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat...
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut Anda note ini bermanfaat...

Lampirkan sumbernya ya... Syukron

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar