Sabtu, 19 Februari 2011

Waktu Luang dan Kesehatan yang Dilalaikan

Saiudara/i-ku… sejujurnya, apa pandangan hidup kita hidup didunia ini? tentu sbg seorang muslim, kita akan menjawab sesuai teori, “Ibadallah”, yah..hidup didunia untuk beribadah kpd Allah SWT. Tapi sejujurnya, apa benar selama ini kita mengamalkan teori Ibadallah?teori udah , amalanya mana? mencari ilmunya?berusaha mempraktekanya? kiat2 apa menuju kesana?sehingga pakah terpetik azzam beribadah kpd Allah itu mmang ada? apa yg sudah terjadi dan yg sudah kita perbuat selama ini kita hidup?

Sejujurnya, apakah kita meluangkan waktu untuk hal2 yang sia2? untuk beramal apakah raga dan hati ini, pada saat kita sehat wal afiat,? Duh..tampaknya dua hal terakhir ini kita banyak yang terperdaya, terjebak, mabok, khilaf, lupa…dan seonggok tingkah2 menikmati kenikmatan yg kebablasan. sampai terlupa nan lalai, kita hidup didunia ini ngapain?

Dunia yg indah penuh dengan liku2 jebakan kenikmatan, tanpa kita sadari yang memperdaya dan membawa kita semua kelubang kesia2an, membawa kita kapada kerugian.

Kerugian yang disepelekan, kerugian yang menjadi hobi, kerugian yang sepertinya bukan apa2, padahal kerugianya sangat nyata dunia akhirat!. sekali lagi, kita hidup banyak waktu luang terhidang, termanfaatkan tidak? kita juga diberi kesehatan, termanfaatkan tidak? artinya, termanfaatkan yang berdaya fa'edah ibadah tentunya.

InsyAllah dengan kejujuran pula, sebenarnya kita tahu apa2 saja perbuatan sia2 yang kita lakukan diwaktu luang, kita juga tahu saat kesia2 an itu dilakukan kita dalam kondisi sehat. jadi kalo sudah tahu, ya ayolah bareng2 berusaha mengisi waktu luang dengan amal-amal shalih. lindas semua kesia2an, dan manfaatkan kesehatan jasmani kita dengan amal tingkah laku yabg bernilai ibadah.

Mohon doa agar kita dimudahkan Allah SWT menggapai ini semua. amien.

Renungan:
Firman Allah SWT:
“Demi masa. Sesungguhnya semua orang benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasehati dalam menetapi kebenaran dan saling menasehati dalam menetapi kesabaran.”  (QS. al-’Ashr: 1-3)
“Tidak ada kebaikan di dalam kebanyakan perbincangan mereka kecuali orang yang menyuruh bersedekah, mengajak yang ma’ruf, atau mendamaikan di antara manusia.” (QS. an-Nisa’ : 114)
“Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah sekedar kesenangan sementara, dan sesungguhnya akherat itulah
negeri tempat tinggal yang sebenarnya.” (QS. Ghafir: 39)
“Apakah kalian mengira, bahwa Kami menciptakan kalian sia-sia belaka, dan kalian tidak akan dikembalikan kepada Kami?”. (QS. al-Mukminun : 115).

Sabda Nabi SAW:
“Ada dua buah nikmat yang kebanyakan orang terperdaya karenanya; yaitu kesehatan dan waktu luang.”  (HR. Bukhari [6412] dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma, lihat Fath al-Bari [11/258])
“Segeralah beramal sebelum datangnya fitnah-fitnah bak potongan-potongan malam yang gelap gulita. Pada pagi hari seorang masih beriman namun di sore harinya dia telah menjadi kafir.” Atau “Pada sore hari masih beriman namun di pagi harinya dia menjadi kafir.” “Dia rela menjual agamanya demi mendapatkan sekeping kesenangan dunia.” (HR. Muslim).
“Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang yang lima: [1] Masa mudamu sebelum masa tuamu, [2] masa sehatmu sebelum sakitmu, [3] masa kayamu sebelum miskinmu, [4] waktu luangmu sebelum sibukmu, dan [5] hidupmu sebelum matimu.” (HR. al-Hakim dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma, lihat Fath al-Bari [11/264],

Hadits ini disahihkan al-Hakim dan disepakati oleh adz-Dzahabi, lihat Jami’ al-’Ulum wa al-Hikam, hal. 486)

Sumber : http://thepatria.wordpress.com/2010/06/28/waktu-luang-dan-kesehatan-yang-dilalaikan/


Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)

Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat dan bisa kita ambil hikmahnya... Amin
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut anda notes ini bermanfaat...

Catatan :
Lampirkan Sumbernya ya... Syukron

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar