Minggu, 20 Februari 2011

Ibadah-Ibadah yang Mudah

Wahai sahabatku…
Berapa kali dalam sehari engkau pergi ke kamar mandi?
Maaf, jangan terkejut dengan pertanyaanku ini, sebelum engkau menjawab pertanyaan yang lain.

Pernahkah kamu berpikir menggapai pahala di saat engkau pergi ke kamar mandi?

Mungkin engkau akan heran dan berkata, “Apa yang bisa aku gapai…!?”

1.  Pahala mengulang doa masuk ke kamar mandi.
Ditambah pula dengan pahala mengikuti sunnah Rasulullah saw. dalam setiap kesempatan engkau masuk ke kamar mandi. Telah dijelaskan dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim, dari Anas ra., bahwa saat Rasulullah akan masuk ke kamar mandi, beliau membaca,
“Ya Allah, sesungguhnya saya berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.”

2.  Pahala mengulang doa keluar dari kamar mandi.
Ditambah pula dengan pahala mengikuti sunnah Rasulullah saw dalam setiap kesempatan engkau keluar dari kamar mandi. Dalam Sunan Abu Daud dan At-Tirmidzi diceritakan bahwa setiap kali keluar dari kamar mandi Rasulullah membaca,
“(Aku memohon) ampunan-Mu.”

3.  Ketika kamu memakai sandalmu saat akan memasuki kamar mandi, maka berusahalah untuk mengikuti sunnah Rasulmu, yang selalu memulainya dengan memakai sandal dari kaki kanan, dan melepas sandal dari kaki kiri. Abu Hurairah ra menceritakan bahwa Rasulullah saw bersabda,
“Jika seseorang di antara kalian memakai sandal, maka mulailah dari kaki kanan. Dan jika ia ingin melepasnya, maka mulailah dengan kaki kiri. Jadikanlah kaki kanan sebagai permulaan memakai dan hal terakhir yang dilepas.”

4.  Pahala mengikuti sunnah Rasulullah, saat engkau memasuki kamar mandi dengan kaki kiri dan keluar dari sana dengan kaki kanan.
Maka berusahalah, bagi siapa saja yang akan memasuki kamar mandi untuk mendahulukan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan. Kaki kiri selalu didahulukan untuk sesuatu yang “kotor”, dan kaki kanan untuk lainnya. Ada sebuah kaidah yang disitir oleh Imam Nawawi dan lainnya, yang menyatakan: Segala sesuatu yang memiliki nilai penghormatan selalu didahului dengan kanan, dan lainnya dengan kiri. Dalil penguat dari kaidah ini terdapat dalam banyak hadits shahih.

Ini adalah empat hal ringan yang bisa kamu kerjakan setiap harinya.

Jika kita andaikan bahwa manusia pergi ke kamar mandi 5 kali dalam sehari, maka berarti ia akan meraih 20 sunnah pahala dalam sehari. Dalam sepekan, ia akan mendapatkannya sebanyak 140 kali. Wahai, betapa banyak pahala yang hilang begitu saja dari manusia!

Aku tidak mengatakan bahwa setiap satu pekerjaan memiliki satu pahala. Sebab Allah bisa melipatgandakan pahala-pahala.

5.Pahala konsistensi terhadap dzikir yang dianjurkan dan amal-amal sunnah, di dalam waktu dan tempat-tempat tertentu.
Semua hal itu akan mendekatkan dirimu kepada Allah. Semoga Allah memasukkan kamu dalam deretan orang-orang yang senang berdzikir kepada-Nya. Berusahalah juga untuk menggapai cinta-Nya. Karena dengan mengikuti sunnah rasul dalam setiap perbuatanmu akan mengantarkanmu meraih cinta-Nya. Allah swt. berfirman kepada Rasul-Nya di dalam Al-Qur’an,
“Katakanlah:”Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali ‘Imraan: 31).

Wahai saudariku…
Jika semangat untuk melaksanakan amal dan ibadah yang agung telah melemah, seperti menghafal Al-Qur’an, bangun malam, dan puasa pada siang hari, maka usahakanlah untuk tetap meraih pahala dengan mengerjakan hal-hal ringan dalam kegiatan sehari-hari yang mudah kamu lakukan. Begitu banyak amal ibadah yang mudah dilakukan, tetapi orang-orang melalaikannya. Padahal jika itu dilakukan, akan memperoleh kebaikan yang sangat besar. Andai dilakukan dengan ikhlas dan konsisten.

Contoh: mengucapkan dan menjawab salam, membaca alhamdulillah saat bersin dan menjawabnya, tersenyum, berkata-kata yang baik, memulai dengan kanan, menyebarkan kaset dan buku-buku Islam, dll.

Orang yang terpenjara adalah orang yang malas dan lalai untuk melakukan ibadah-ibadah yang mudah. Hal itu disebabkan kepandiran dan tidak adanya hidayah. Maka, janganlah engkau menjadi orang yang terpenjara!

Sumber : http://an-naba.com/ibadah-ibadah-yang-mudah/


Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)

Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan.
Wassalam...

Semoga Bermanfaat dan bisa kita ambil hikmahnya... amin
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut anda notes ini bermanfaat...

Catatan :
Lampirkan Sumbernya ya... syukron

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar