Selasa, 01 Maret 2011

CIRI CIRI ORANG YANG BERTAQWA

TAQWA; CIRI2 ORANG BERTAQWA ADALAH BERKHLAQ MULIA, QOLBU BERSIH DAN KUAT EKONOMINYA


سۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismilahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum wrwb

Dari penyilaman rahasia2 Al Quran Karim, MAJU DAN TERBELAKANGNYA SATU BANGSA TERGANTUNG KEPADA ULAMA2NYA. (kalau byk ulama2 bertaqwa maka majulah bangsa itu, tapi kalau banyak ulama2 yg miskin maka terbelakanglah bangsa itu).

Sering kita mendengarkan dari kotip2 shalat Jum'at di mesdjid2, ”Marilah kita tingkatkan taqwa kita kepada ALLAH SWT..”, Pada umumnya orang2 dan saya sendiri pd waktu itu tdk mengerti apa itu makna dr takwa dan apa dampaknya kpd diri kita.

Sebahagian kotip2 mengartikan taqwa adalah; takut kepada ALLAH dan ada pula berhati-hati.

Dalam al-Quran disebutkan kalau tdk salah ada 251 kali kata2 “taqwa”, jadi taqwa sgt mempunyai makna dlm memahami peraturan2 ALLAH. Dan akan mempengaruhi jln kehidupan kita sehari2.

Taqwa adalah salah satu hal yg sangat penting meliputi 3 aspek dlm aktifitas kehidupan sehari2 ;
(a) moral,
(b) karakter,
(c) tingkah laku, dan
(d) ekonominya

Makna sesungguhnya dr taqwa tdk bisa diambil dr kata2 yg tepat utk bahasa Indonesia dan English. Utk dpt menghargai atau memahami makna dari taqwa saya akan ambil lansung dari Al-Quran yg mana ALLAH sudah memberikan keterangan2 yg jelas ciri2 (signs) orang2 yg beriman dan bertaqwa itu.

Saya akan ambilkan ayat2 ALLAH dan kemudian saya atur sedemikian rupa agar para pembaca dgn mudah mengambil makna dan arti sesungguhnya dari kata taqwa itu.

CIRI2 Orang BERTAQWAadalah ; Alif Laam Miim.
Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, yaitu; QS.21-4, Qs3:33-35, QS.65:2-3, QS.7:96

A. AKHLAK, (moral, karakter) ORANG BERTAQWA (HABLUL MINNALAH)


(1) mereka yg beriman kpd yg gaib,
(2) yg mendirikan salat dan
(3) menafkahkan sebahagian rezeki yg Kami anugerahkan kpd mereka,
(4) mereka yg beriman kpd Kitab (Al Qur'an) yg tlh diturunkan kpd mu dan Kitab-2 yg tlh diturunkan sebelummu,
(5) mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat,
(6) orang-2 yg menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit (artinya orang yg berharta),
(7) dan orang-2 yg menahan amarahnya dan
(8) memaafkan
(9) serta (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-2 yg berbuat kebaikan.
(10) Dan (juga) orang-2 yg apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa2 mereka dan siapa lagi yg dpt mengampuni dosa selain daripada Allah?
(11) Dan mereka tdk meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

B. USAHA ORANG BERTAQWA. (ekonominya) (HABLUL MINNANAS) QS.65:2-3 dan QS.7:96
(13). Barang siapa yg bertakwa kpd Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. (jalan yg sukses berusaha atau berwirausaha)
(14).Dan memberinya rezki dari arah yg tiada disangka-2nya. (dari asil usahanya dia akan mendapatkan keuntungan, makin byk usaha2nya makin byk hadiah2 yg diberikan oleh ALLAH). Artinya orang2 yg mengikuti sunnah Rasul mencari nafkah yaitu berwirausaha. Orang2 yg byk rezekinya yg berakah.

Contoh orang yg beriman dan bertaqwa ini adalah Rasulullah saw dan istrinya yg sukses berniaga, berprestasi dan dijuluki “Al Amin” orang yg jujur dan amanah.

Kedua suami istri ini dlm mencari nafkah dgn berwirausaha. Orang2 yg berwira usaha ini hadiah2 (rezeki) dari ALLAH tidak terbatas, krn kekayaan ALLAH pun tdk terbatas. Jadi orang2 yg bertaqwa ini adalah orang2 istimewa dlm spritualnya, akhlaqnya, orang yg dipercaya dan dicintai oleh ALLAH serta bekerja keras utk ALLAH meraih REZEKI atau hadiah2 dari ALLAH .

Kekayaan yg di berikan kpd-nya , dia tdk merasa sombong dan tdk merasa memilikinya, semua adalah titipan dan amanah dari ALLAH yg akan digunakan utk kemaslahatan umat dan agama ALLAH.

Masa sekarang ini di Asia yg sukses mengikuti sunnah Rasul dlm berwira usaha adalah Abuya dari Rufaqa' (Malaysia) dan Aa Gym dari darul tauhid (Indonesia).

Kebanyakan ulama2 lainnya gagal mengikuti sunnah Rasul ini, sehingga kelihatan hidupnya pincang tdk khafah, artinya akhlaqnya mulia tapi ekonominya miskin.

Olehkarena itulah kalau byk ulama2 yg miskin dari ulama2 bertaqwa, maka bangsa itu juga lemah, byk pengangguran, kehidupan bangsa tdk aman. Sering terjadi korupsi dan pembunuhan2.

Orang2 yg beriman dan bertaqwa ini meninggalkan warisan yg byk utk keluarga dan masarakat. Sebagaimana Nabi bernasehat;

Sebaik baik pertolongan atas taqwa kepada Allah swt adalah “harta-uang”. HR Baihaqi


1.Sebaik baik warisan manusia sesudah mati ada 3 macam. HR Muslim.
a).Anak yang saleh, yang baik, yang selalu mendoakan orang tuanya. Selama anak itu mendoakan orang tuanya selama itu pula orang tua yang meninggal mendapat pahala di kubur.
b).Meninggalkan ilmu yang bermanfaat.Artinya seorang yang berilmu dan meningalkan buku2 yang berilmu sebelum meninggal dunia, maka selama ilmu2 itu bermanfaat untuk masarakat selama itu pula orang yang meninggal dunia,mendapat pahala di kubur.
c) Meninggalkan warisan2 untuk anak2 dan masarakat. Artinya selama warisan2 seperti Mesdjid, sekolah2, rumah sakit, fabrik2 ,gedung2 dll selama warisan2 itu bermanfaat untuk masarakat,selama itu pula orang yang meninggal dunia mendapat pahala di kubur.

2.Carilah oleh mu Rezeki dengan menggali yang tersembunyi di dalam bumi. HR Thabrani.

3.Amanat itu mendatangkan rezeki,sedangkan khianat itu mendatangkan kemiskinan. HR Dailami.(Jadi orang2 miskin itu adalah kalau bukan kurang ilmu,maka dia adalah seorang yang kianat/ingkar kepada ALLAH )

4.Bergeraklah kamu mencari rezeki dan berusahalah mencari rezeki hidup maka sesungguhnya berpagi pagi mencari itu adalah berkat dan keberuntungan.

5.Sesungguhnya pedagang2 yang jujur danbenar akan berada di bawah naungan Arsy ALLAH pada hari kiamat. HR Dailami.

6.Bahwa 90% dari pengasilan beliau(Muhammad saw) datang dari hasil perdagangan,10% yang datang dari hasil perternakan.HR Dailami.

7.Bekerja keraslah kamu untuk duniamu seolah olah kamu akan hidup selama lamanya, bekerja keraslah untuk akhirat kamu seolah olah kamu mati esok hari. HR Baihaqi.

Sebuah nasehat dari Khalifah Umar bin Khatab;
"Pd suatu masa dimana umat muslim sudah meninggalkan usaha berniaga,berdagang,pengusaha dan Industri,sebagai mata pencariannya, maka umat muslim yang jutaan jumlahnya, hidupnya akan banyak tergantung kepada umat lainnya, akirnya menjadi umat lemah, umat yang selalu tergantung , umat yang mudah di porak perandakan oleh kekuatan lain"

Wayhu ALLAH kepada nabi Musa as.

ALLAH berfiman;
a good man leaves an inheritance to his children's children.(taurat).

Seorang yang baik itu adalah seorang yang meninggalkan warisan yang banyak untuk anak2 dan cucu2nya.
“Artinya : Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya..." QS 2:282

Sekiranya dalam satu negeri banyak orang2 yang beriman dan bertaqwa ini atau dengan kata lain banyak orang2 yang berwirausaha yang sukses,maka negeri itu akan makmur, rakyatnya sejahtera karena banyak lapangan kerja, dengan membuka industri2 pengolahan bahan2 baku.Inilah janji ALLAH kepada kita semua seperti dibawah ini;

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa,(14) pastilah Kami akan melimpahkan kepada me-reka berkah dari langit dan bumi(kekayaan,kemakmuran), tetapi mereka (ulama2)mendus-takan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka(kemiskinan,kekacauan) di-sebabkan perbuatan mereka sendiriQS.(7): 96)

C. Orang bertaqwa tidak mati,lansung ke syurga.
Sesungguhnya orang-2 yg bertakwa berada dlm tempat yg aman, (51) [yaitu] di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; (52) mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, [duduk] berhadap-hadapan, (53) demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari. (54) Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman [dari segala kekhawatiran] [3]. (55) mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, (56) sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar. QS.44:(57)
Sesungguhnya orang yg bertaqwa itu berada dlm syurga (tanaman-2) dan didekatnya mata air 2 yg mengalir. Masuk lah kedlm dgn sejahtera lagi aman. Dan kami lenyapkan segala rasa dendam yg berada dlm hati mrk sedangkan mrk merasa bersaudara duduk berhadapan hadapan di atas dipan2. Mereka tdk merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali kali tdk akan dikeluarkan dari padanya. QS.15;45-48

Sesungguhnya orang yg paling mulia di antara mu disisi Allah ialah orang2 yg paling bertaqwa diantara kamu. (QS. 49:13)

Apakah kita tdk ingin menjadi orang2 bertaqwa ini? Marilah kita perbaiki pamahama ajaran islam kita selama ini, dan kita berkerja karas untuk mencapai cita2 menjadi orang beriman dan bertaqwa. Insya ALLAH dgn niat, usaha dan berdoa kepada ALLAH semoga ALLAH mengabulkannya amin.

Bagaimana pendapat anda dgn ayat2 ALLAH diatas?, apakah anda termotifasi utk menjadi orang2 yg sukses didunia dan selamat dari azab neraka di akhirat?

Sekiranya jurnal saya tidak sesuai dengan al Quran mohon dikoreksi,saya hargai sekali koreksi anda.Kalau sesuai dengan Al Quran mari kita taati perintah2 ALLAH ini dengan baik dan ikhlas.

Marilah saya ajak anda utk berjuang menuju masyarakat yg bermanfaat didunia berarti di akhirat. Berzikir, pikir dan ikhtiar

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

Hadits ; ALLAH lebih senang muslim yang kuat iman dan ekonominya dari muslim yang lemah. Hr Muslim

Jadi seseorang yg belum sukses hidupnya di dunia ini maka dia belum lagi dikatakan seorang bertaqwa.

Orang yg sukses itu adalah orang yg berkahlaq Al-Quran atau mulia, dan mendapat rezeki kekayaan yg banyak dari ALLAH utk kemaslahatan masyarakat. Dgn kata lain, seseorang yg hanya berakhlaq mulia saja, tapi miskin dalam ekonomi belum lagi di sebut orang yg sukses atau taqwa. Begitu pula sebaliknya seseorang yg sukses dalam ekonomi, tapi akhlaq-nya bkn akhlaq Al-Quran (mulia) dia blm disebut sukses atau taqwa. Begitu pula organisasi2, partai2 , jemaah2 atau bangsa kalau msh blm sukses membangun ekonominya, rakyatnya msh byk yg miskin, maka bangsa itu belum lagi disebut bangsa yg sukses dan bertaqwa.

KESIMPULAN;
1. Ulama sgt memegang peranan penting / dan bertanggung jawab atas maju atau terbelakang nya satu bangsa.
2. Kalau dalam satu bangsa banyak ulama2 yg bertaqwa, maka bangsa itu akan maju ekonominya dan berakahlq mulia, bangsa yg Rahmatan Lil'alami.
3. Kalau dlm satu bangsa byk ulama2 yg miskin, maka bangsa itu akan lemah, miskin, kehidupan bangsa tdk aman, kurang lapangan kerja, dan srg terjadi korupsi dan pembunuhan2.

Marilah kita introspeksi diri kita masing2 dan mari kita berusaha krs utk mencapai hidup yg sukses didunia dan akhirat.

wassalamu'alaikumm.wr, wb.


Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)
Catatan ini kami tujukan untuk kami pada khususnya
dan untuk semua pembaca pada umumnya...
Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat...
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut Anda note ini bermanfaat...

Lampirkan sumbernya ya... Syukron




Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)
Catatan ini kami tujukan untuk kami pada khususnya
dan untuk semua pembaca pada umumnya...
Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat...
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut Anda note ini bermanfaat...

Lampirkan sumbernya ya... Syukron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar